kinerja kartu 3 / tentang kartu 3

Catatan Kinerja Internet Kartu 3 (Three) di Batam

Saya sedang mencari layanan kartu internet yang cukup reliable dari sisi pelayanan, dapat dipercaya dari mutu produk, dan cukup terjangkau dari sisi keuangan. Untuk membahas proses pencarian kartu internet ini, saya akan ulas dalam kesempatan perdana  ini dengan menjajal kartu 3 (three).
Tanggal 10 Desember 2010 saya mencoba membeli kartu perdana Super Tri yang covernya berwarna biru dengan angka 3 (tiga) berukuran besar berwarna merah. Saya membeli kartu tersebut langsung di 3 Store yang berlokasi di dekat lampu merah Sei Panas, Batam.
Harga perdana kartu tersebut dibanderol sebesar Rp 5.000,00 dengan isi pulsa Rp 3.000,00. Kartu langsung diaktifkan oleh petugas 3 di tempat penjualannya. Dalam hal ini, tidak diketahui apakah petugas tersebut hanya mengaktifkan kartu atau juga men-setting paket internetan 3 (three) tanpa sepengetahuan saya.
Di hari yang sama, saya isi ulang kartu tersebut dengan nominal Rp 50.000,00 dengan maksud untuk memenuhi pulsa minimum agar dapat mengikuti paket internet 2 GB (sesuai isi brosur mereka). Dengan demikian, total pulsa kartu saya sebesar Rp 53.000,00 yang belum saya gunakan. Setelah diisi ulang, muncul pesan dari operator 3 yang isinya pemberitahuan masa berlaku pulsa yaitu sampai tanggal 10 Maret 2011 dengan akhir masa tenggang tanggal 09 Mei 2011. Karena untuk mengikuti paket 2 GB, pulsa Rp 50.000,00 tidak cukup (harus ditambah pajak sebesar 10%) maka saya berinisiatif mengisi tambahan pulsa sebesar Rp 10.000,00 sehingga total saldo kartu 3 saya menjadi Rp 63.000,00.
Berikutnya ketika saya register ke nomor 234 dengan cara mengetikkan “MAU DATA”, keanehan mulai muncul. Dari operator 3 diberitahukan bahwa saya telah mengikuti paket 2 GB (Rp 50.000,00 per bulan) padahal sejatinya saya belum melakukan pilihan terhadap paket mana yang akan saya ambil. Artinya operator 3 telah melakukan pemotongan pulsa secara sepihak. Sementara, selain paket Rp 50.000,00 terdapat juga paket lain yang lebih murah yaitu Rp 35.000,00 dan Rp 29.000,00. Dan memang benar, saya cek pulsa yang semula Rp 63.000,00 langsung berkurang menjadi sebesar Rp 8.000,00 (artinya ada pengurangan sebesar Rp 50.000,00 plus ppn 10%).
Kejanggalan di atas berlanjut ketika pada tanggal 20 Desember 2010 muncul SMS dari operator 3 yang menyatakan bahwa biaya harian Rp 99,00 per hari telah berhasil dikenakan…padahal dalam kenyataan, saya tidak pernah mengirimkan registrasi apapun terkait pemotongan biaya ini.
Bagaimana kinerja kartu 3 dari sisi speed ?. Untuk wilayah Batam, sinyal tercepat hanya sampai pada jaringan EDGE atau 2G, tidak pernah sampai menyentuh level 3.G apalagi HSDPA. Namun dalam hal ini tidak ada kebohongan dari petugas 3Store. Mereka memang menyatakan bahwa untuk wilayah Batam, sinyal yang didapat masih belum maksimal. Saya pun sudah mengamati melalui data statistik di modem bahwa speed maksimum yang bisa dicapai kartu 3 hanya sekitar 20 kbps !. Itu pun jarang tercapai karena rata-rata yang tercatat hanya berkisar antara 0 – 5 kbps !.
Terima kasih telah membaca artikel tentang kinerja kartu 3 / tentang kartu 3 di blog KANDANG GADGET jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :